Tips Sehat Ngemil Di Malam Hari


Ngemil di Malam Hari: Baik Atau Buruk Bagi Kesehatan?

Meskipun banyak dari kita (baik pria maupun perempuan dan juga ibu hamil) yang sadar akan risiko makan di malam hari, mereka tetap tidak bisa menghindari atau mencegah hasrat (keinginan)untuk ngemil di malam hari menjelang tidur, padahal makan di malam hari apalagi bila terlalu larut dapat membuat bertambahnya berat badan dan tubuh menjadi gemuk serta perut menjadi lebih gendut. Selain itu, makan di malam hari terutama yang tidak sehat dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan dan beresiko terkena penyakit berbahaya.

Aktivitas ngemil di malam hari, tengah malam atau menjelang tidur bagi orang yang sedang menjalani diet pasti akan mereka hindari, karena mereka menganggap ngemil di malam hari akan menaikkan (mem bikin) bobot dan diet yang sedang mereka jalani menjadi percuma.

Namun, berdasarkan penelitian ternyata ngemil di malam hari tidak selalu buruk dampaknya (akibat nya) bagi tubuh. Asal ngemil makanan yang sehat. Ngemil sehat bisa membantu menaikkan massa otot dan membantu proses metabolisme pada kaum pria.

Yang dimaksud dengan ngemil sehat adalah tidak sembarang mengkonsumsi makanan ringan. Ngemil sehat harus memenuhi syarat tertentu misalnya kandungan nutrisi, jumlah asupan, dan gizi yang diperoleh. Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan melakukan aktifitas sebelum tidur  dan mengontrol asupan kalori setiap harinya

imagesww

Lalu, apakah ngemil malam hari berbahaya? Dari penjelasan di atas ternyata ngemil tidak terlalu berbahaya karena bila kita melakukan ngemil berkualitas maka kita akan merasakan manfaatnya seperti berikut ini:

  1. Metabolisme lebih cepat
    Penelitian yang dilakukan Florida State University mengungkapkan bahwa ngemil di malam hari yang mengandung banyak karbohidrat dan protein non lemak bisa mempercepat metabolisme dengan menghasilkan kalori sebanyak 150 kal. Bila metabolisme lebih cepat maka proses pembakaran kalori juga akan lebih cepat.
  2. Massa otot bertambah
    Penelitian yang dilakukan oleh Medicine & Science in Sport & Exercise pada tahun 2012 membuktikan bahwa ngemil di malam hari baik untuk peningkatan massa otot. Protein yang ada dalam susu rupanya mengandung kasein. Jika pria mengkonsumsi susu setelah berolahraga di malam hari maka protein yang membantu pembentukan otot akan meningkatkan. Maka bisa dikatakan bahwa ngemil yang berkualitas di malam hari dapat membantu membentuk tubuh pria menjadi lebih atletis.
  3. Mengurangi lapar
    Ngemil di malam hari bisa mengurangi rasa lapar di pagi hari, sehingga saat sarapanAnda akan merasa cepat kenyang. Sebagai camilan, makanan yang dikonsumsi sebaiknya yang mengandung protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot, misalnya sayuran dan buah-buahan segar yang mengandung serat tinggi.
  4. Mengurangi berat badan
    Rupanya membiasakan ngemil sereal di malam hari sebelum tidur juga dapat membantu diet Anda akan berhasil. Penelitian Wayne State University mengatakan bahwa melakukan kebiasaan tersebut akan dapat membantu menurunkan berat sebanyak 900 mg dalam waktu empat minggu. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan tidak ngemil sereal yang hanya menurunkan berat badan sebanyak 200 mg. Bila melakukan kebiasaan ngemil sereal ini, Anda juga harus mengatur pola makan dengan mengurangi asupan kalori di malam hari dengan mengikuti daftar menu diet rendah kalori dan disertai olahraga secara rutin.
  5. Menambah Tenaga
    Pria aktif setiap harinya rata-rata membutuhkan 600 kalori, lebih banyak dibandingkan dengan perempuan. Hal ini berdasarkan faktor tinggi dan berat badan serta tingkat aktifitas. Ngemil di saat malam atau saat aktifitas ternyata sangat bermanfaat bagi pria. Selain dapat menambah massa otot, ternyata ngemil di malam hari juga dapat menjadi penambah tenaga dan meningkatkan gula dalam darah yang turun pada waktu makan. Hal ini bermanfaat sebagai penunjang asupan energi karena porsi makan yang tidak terlalu banyak.

Nah, setelah membaca penjelasan diatas maka Anda tidak perlu takut untuk ’ngemil’ karena ’ngemil’ ternya bisa bermanfaat, kan?

Share MeShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0