Tips Makanan Untuk Diet: Tingkatkan Protein Dan Kurangi Karbohidrat


Mengapa Diet Tinggi Protein Merupakan Makanan Sehat Menurunkan Berat Badan?

Menurut hasil penelitan yang baru saja di publikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, diet tinggi protein ternyata berhasil untuk menurunkan berat badan; tetapi bukan karena asupan karbohidrat yang rendah, akan tetapi disebabkan karena meningkatnya jumlah protein.

Tubuh mencerna protein lebih lambat dari lemak atau karbohidrat, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama (terutama berlaku bila menu sarapan Anda tinggi protein). Tubuh juga membakar lebih banyak kalori ketika makan makanan berprotein daripada makan makanan berkarbohidrat

Protein juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam proses yang disebut thermogenesis, tubuh Anda menggunakan sekitar 10% dari asupan kalori untuk pencernaan. Jadi, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk membakar protein dibandingkan karbohidrat atau lemak, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak energi untuk menyerap nutrisi. Bonus lain: Satu studi terbaru dari Purdue University menemukan bahwa diet tinggi protein dapat membantu mempertahankan massa tubuh tanpa lemak, yang merupakan pembakar lemak terbaik.

Protein mampu menekan keinginan makan (nafsu makan) seseorang, dan ini berarti dapat membantu mengurangi asupan kalori. Para peneliti mengatakan bahwa protein membuat kita merasa lebih kenyang dibandingkan karbohidrat atau lemak. Pernahkah Anda makan makanan Cina sampai kenyang, akan tetapi sejam kemudian sudah meras lapar kembali? Ini merupakan efek dari makanan tinggi karbohidrat tapi rendah protein.

Tips Makanan Untuk Diet

Para peneliti menemukan bahwa protein dapat memicu produksi hormon yang dapat mengatasi (meredam) rasa lapar. Oleh karena itu jika seseorang meningkatkan jumlah protein yang ia makan, berat badannya dapat menurun.

Tips Makanan Untuk Diet #2

Makanan Apa Saja Yang Mengandung Protein?

Protein berasal dari sejumlah sumber makanan yang berbeda seperti daging, unggas, ikan, telur, produk susu, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Mereka yang menjalankan diet tinggi protein cenderung berfokus pada jumlah protein yang mereka konsumsi tanpa memperhatikan masalah kesehatan yang berhubungan dengan konsumsi tinggi protein hewani.

Protein hewani tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan orang mengalami peningkatan kadar kolesterol dan masalah dengan organ hati.

Pemilihan protein yang tepat dapat mengatasi masalah ini yaitu: Memilih makanan yang tinggi protein tetapi rendah lemak jenuh adalah jawabannya.

Studi (penelitian) menyatakan bahwa makan lebih banyak kedelai, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, sangat bermanfaat tidak hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga untuk menjaga kesehatan. Kedelai merupakan salah satu sumber protein rendah lemak terbaik, bermanfat tidak saja untuk membantu Anda menurunkan berat badan tetapi juga baik untuk kesehatan jantung.

Badan pengawasan obat-obatan Amerika Serikat (FDA) telah melaporkan uji klinis terbaru yang menunjukkan bahwa dibandingkan dengan protein lain, mengkonsumsi protein kedelai dapat menurunkan total LDL (tingkat kolesterol).

Satu gelas susu kedelai mengandung 8 gram protein kedelai. Susu kedelai kaya akan isoflavones. Isoflavones adalah fitoesterogen yang memiliki kemiripan struktur dengan estrogen manusia.

Beberapa studi menunjukkan bahwa populasi yang banyak mengkonsumsi produk kedelai (seperti di Jepang dan Cina) memiliki jumlah penderita kanker payudara, usus besar dan kanker yang lebih rendah. Sekarang ini semakin banyak saja peneliti yang menyelidiki manfaat susu kedelai terhadap risiko kanker.

Makanan Yang Terbuat dari Kedelai:

  • Susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium
  • Tahu
  • Kacang kedelai
  • Edamame
  • Tempe
  • Miso
  • Produk lainnya, seperti burger tempe, keju kedelai, yogurt kedelai, dan sarapan sereal.

Setelah membaca pembahasan diatas, kita dapat melihat bahwa kedelai merupakan alternatif yang lebih baik daripada protein hewani. Protein kedelai sangat baik bagi kesehatan Anda dan serbaguna.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip diet kedelai tinggi protein, Anda akan mampu menurunkan kelebihan berat badan dan menjaga tekanan serta kadar kolesterol tetap normal.

Share MeShare on Facebook50Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0