Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan


Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan – Memiliki berat badan proporsional menjadi impian banyak orang. Demi mencapai impian tersebut, berbagai latihan dan kegiatan fisikpun dilakukan tanpa memperdulikan faktor usia, ketahanan fisik, makanan, dan sebagainya. Untuk menurunkan berat badan sebenarnya memang memiliki ragam cara yang semuanya efektif asalkan konsisten dalam melakukannya.

Yoga merupakan bagian dari olahraga dan juga meditasi dan dipercaya mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding aerobik. Meskipun kalori yang terbakar saat lari atau aerobik jumlahnya tidak sama dibanding yoga, namun senam yang berpusat pada pikiran dan pengolahan jiwa ini mampu menjaga bentuk tubuh secara ideal melalui latihan konsentrasi. Mengapa bisa demikian? Sebab bila rutin berlatih, maka secara otomatis mereka pun akanmemberbaiki pola makannya.

Yoga Menurunkan Berat Badan

Yoga juga dapat membantu menurunkan tingkat gangguan psikologis seperti stress, depresi atau kejenuhan. Sebagian orang yang tertekan jiwanya, baik karena pekerjaan, urusan keluarga, bisnis atau lainnya, akan cenderung melakukan pelarian dengan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Dengan rutin melakukan yoga berarti juga terbiasa dalam mengelola pikiran sehingga terhindar dari stress.

Berbagai pose/gerak dalam yoga mendorong orang untuk selalu menjaga pola makannya, sehingga dapat menjaga stabilitas berat badan. Misalnya, untuk membakar lemak di perut bisa dengan melakukan pose paschimottanasana. Gerakan ini mirip seperti mencium lutut, hanya saja membutuhkan alat bantu seperti balok kayu datar yang tujuannya agar telapak kaki bisa disangga. Lalu ada pula tree pose, yang juga sangat efektif dalam menurunkan berat tubuh. Untuk bisa melakukan gerakan ini secara maksimal, maka perut harus dalam kondisi kosong (belum makan). Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengambil posisi berdiri lalu mengangkat satu kaki ke atas dan menekuknya sehingga menempel ke kaki lain. Setelah itu tangan diangkat ke atas kepala.

Di luar gerakan di atas, ada jenis yoga yang sangat membantu Anda untuk membakar lemak sebagaimana lari dan bersepeda. Salah satunya adalah bikram yoga yang terdiri dari 26 rangkaian postur (asana) yang dirancang berdasarkan pendekatan ilmiah untuk memanaskan dan meregangkan otot, sendi, dan juga urat. Proses tersebut berlangsung secara berurutan dan sistematis sehingga darah segar bisa tersalurkan ke seluruh tubuh secara optimal, termasuk organ dan serat. Efeknya adalah terbentuknya otot, berat badan yang ideal, dan juga kesehatan.

Selain itu ada pula power yoga. Ini merupakan senam yang memadukan mental, fisik, psikologis dan spiritual dalam satu aktifitas. Manfaatnya sangat banyak terutama dalam hal membakar lemak dan menjaga berat badan tetap proporsional. Power yoga juga membantu metabolisme tubuh dan mengobati penyakit-penyakit seperti asma, sinus, insomnia, bronkitis dan bahkan kanker. Rutin menjalankannya secara konsisten bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Secara umum, kedua jenis yoga di atas sangat membantu mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan secara maksimal tanpa harus diet dan atau melakukan aktifitas yang membuat tubuh tersiksa. Untuk itu sangat direkomendasikan bagi pelaku diet untuk menjalankan bikram dan power yoga untuk mendapat hasil yang lebih optimal.

Share MeShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0