Membantu Menurunkan Berat Badan Dengan Air Putih


Mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan harus minum air lebih banyak. Air akan membantu makanan bergerak lebih cepat dalam usus. Salah satu alasan utama untuk meminum lebih banyak air adalah untuk menghindari dehidrasi. Pada periode awal penurunan berat badan, penyebab utama turunnya berat badan Anda adalah karena hilangnya kadar air dalam tubuh. Jika Anda mengalami dehidrasi maka tubuh akan merasa lelah karena pasokan oksigen (yang berasal dari air) ke otot berkurang.

Penurunan berat badan terjadi karena adanya pembakaran lemak dan kalori oleh tubuh. Proses ini membutuhkan air dalam jumlah yang memadai agar tubuh dapat berfungsi secara efisien. Saat tubuh membakar kalori, maka akan menyebabkan munculnya beberapa racun. Air bekerja secara efisien membuang racun-racun ini. Itulah sebabnya mengapa Anda harus meminum lebih banyak air selama menjalankan program penurunan berat badan. Dan dalam setiap program penurunan berat badan harus pula melakukan diet makanan berserat. Bahan makanan berserat akan mudah dicerna bila tubuh memiliki air dalam jumlah yang cukup. Jika tidak, maka akan terjadi sembelit.

Selama melakukan program penurunan berat badan, asupan makanan menjadi berkurang dengan meminum lebih banyak air. Dengan melakukan metode ini, Anda akan lebih cepat merasa kenyang sehingga merasa tidak perlu makan lebih banyak lagi. Jumlah air yang dibutuhkan agar menjadi sehat tergantung pada berat badan, aktifitas yang dilakukan dan lingkungan dimana Anda tinggal.

Air Membantu menurunkan berat badan

Disarankan agar Anda meminum 64 ons air perhari. Meskipun angka ini adalah jumlah yang disarankan, akan tetapi jumlah yang ideal adalah yang disesuaikan dengan berat badan masing-masing individu. Bagaimana cara menghitungnya? 1 ons air untuk setiap 500gram berat badan. Jika Anda makan banyak buah-buahan, maka kebutuhan untuk meminum air bisa dikurangi.

Untuk mengetahui apakah Anda sudah minum cukup air, maka warna urine Anda akan berwarna kuning pucat. Jika warna kuningnya terlalu pekat, itu artinya Anda harus minum air lebih banyak.

Mengkonsumsi antibiotik dan suplemen vitamin juga dapat merubah warna urine.

Bila tubuh Anda ter-hidrasi dengan baik, maka aliran darah akan mendapatkan lebih banyak oksigen. Hal ini sangat penting dalam proses membakar lemak menjadi energi. Oleh sebab itu, minumlah air dalam jumlah benar dan cukup untuk membantu proses penurunan berat badan.

Air bermanfaat untuk membuang racun-racun dalam tubuh manusia, menyegarkan, mengembalikan jumlah air yang hilang sebelumnya, menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi, dan secara umum sangat bermanfaat bagi kesehatan. Minumlah segelas air saat Anda bagun tidur di pagi hari. Minumlah air sebanyak 2 -3 liter perhari.

Share MeShare on Facebook0Share on Google+2Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0