Manfaat Suplemen Omega 3 Untuk Kesehatan dan Membakar Lemak


Anda mungkin sering mendengar yang namanya omega 3, namun apakah omega 3 itu? Omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik dan esensial, serta  sangat diperlukan oleh tubuh. Namun Omega 3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, hanya bisa diperoleh dari asupan makanan baik berupa suplemen maupun dari sumber makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, makarel, haring, ikan sarden, tenggiri, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat, bayam dll. Selain bisa didapatkan dari sumber alami, asam lemak omega-3 kini bisa ditemukan sebagai bahan aktif dalam suplemen kesehatan seperti suplemen omega 3, produk farmasi, dan makanan bayi.
Omega 3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak, mengatasi nyeri, membantu melangsingkan tubuh anda,  mencegah kanker. Dan masih banyak lagi manfaat dari omega 3 ini.
Omega 3 mengandung komponen-komponen yang sangat penting bagi tubuh manusia,  seperti misalnya DHA dan EPA yang berasal dari  ikan-ikanan sedangkan LNA banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau.
Setiap orang memerlukan asupan omega 3 setiap harinya dan The Institute of Medicine merekomendasikan untuk mengkonsumsi omega 3 sebanyak 1,6 gram bagi pria dewasa dan 1,1 gram bagi wanita dewasa. Dosis tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian akan omega 3.

Bagaimana bila kekeurangan Omega 3?
Bila tubuh kekurangan asam lemak Omega 3, maka tubuh akan memberikan sinyal seperti berikut ini:

  1. Pusing terkena sinar matahari.
  2. Terdapat akumulasi kotoran seperti lilin dalam telinga.
  3. Ingin menyantap makanan berlemak.
  4. Bahu terasa kaku.
  5. Kaki kram seusai berjalan.
  6. Kuku rapuh.
  7. Mudah marah.
  8. Infeksi jamur vagina.
  9. Penyembuhan luka lambat.
  10. Inflamasi kronis.
  11. Kulit kering dan ketombe

Lalu, apa manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh?
Berikut ini beberapa manfaat dari Omega 3:

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung
  2. Menyehatkan mata.
  3. Menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  4. Meningkatkan kesehatan otak.
  5. Mengurangi depresi.
  6. Anti inflamasi dan sangat baik untuk membantu memulihkan kondisi penyakit seperti eksim, psoriasis, asma dan juga radang sendi.
  7. Mengurangi resiko pembekuan darah.
  8. Baik untuk wanita hamil dan bayi yang sedang dikandung.
  9. Mengurangi rasa sakit saat datang bulan.
  10. .Mencegah penyakit Alzheimer.
  11. Baik untuk penderita diabetes karena  omega 3 dapat menurunkan risiko penyakit diabetes
  12. Membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E dan K.
  13. Meningkatkan perkembangan anak, baik perkembangan fisik dan mental anak.

images

Apakah Suplemen Omega 3 dapat membantu menurunkan berat badan?
Ternyata mengkonsumsi suplemen Omega 3 sebelum berolahraga dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Physiology Research Group di Universitas Adelaide, Australia, mengungkapkan bahwa 43 wanita dan 27 pria yang mengkonsumsi suplemen yang mengandung 2 gram Omega-3 lalu kemudian berolahraga jalan kaki selama 45 menit sebanyak 3 kali seminggu, ternyata setelah 12 minggu berat badan mereka turun 3% lebih cepat dibandingkan dengan responden yang melakukan segala jenis berolahraga sama persis, tapi tidak mengonsumsi suplemen tersebut.

Spekulasi para ahli menyatakan bahwa olahraga telah memicu Omega-3 untuk lebih cepat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih mudah membakar kalori. Bagi mereka yang enggan mengkonsumsi suplemen, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Omega-3, seperti ikan tuna dan salmon.

Bagi  Anda yang mengkonsumsi omega 3 dalam jumlah banyak, disarankan untuk segera menguranginya karena jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Share MeShare on Facebook9Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0