Manfaat Makanan Berserat Untuk Menurunkan Berat Badan


Jika Anda memiliki masalah kelebihan berat badan dan membutuhkan bantuan untuk menurunkannya, maka mulailah dengan makan makanan berserat tinggi. Makan berserat tidak serta merta langsung menurunkan berat badan, akan tetapi membantu Anda  menjadi kenyang tanpa harus makan banyak.

Inilah alasannya kenapa bisa begitu:

Makan makanan berserat tinggi akan membuat cepat merasa kenyang sehingga Anda dapat menolak untuk makan lebih banyak daripada yang Anda butuhkan. Makanan berserat juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengunyahnya, sehingga memberikan waktu yang cukup bagi otak untuk mendapatkan sinyal bahwa makan Anda sudah cukup.

Bagaimana Makanan Berserat Dapat Membantu  Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang makan makanan dalam jumlah berat yang sama sekitar setiap harinya. Jika Anda memilih makanan yang kaya akan serat tinggi dan air – seperti sup sayuran berkaldu, salad, buah-buahan, dan sayuran – dan bukan makan makanan tanpa serat dan air, maka artinya Anda bisa makan dengan jumlah berat makanan yang sama dan tetap bisa kenyang meskipun asupan kalorinya lebih sedikit.

Sebuah studi di tahun 2009 seperti yang dimuat dalam jurnal ‘Appetite’ membandingkan tingkat rasa kenyang yang disebabkan oleh makanan yang dimakan sebelum makan siang  seperti apel, saus apel, dan jus apel disamping makanan tinggi serat sebagai makanan utamanya. Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang makan buah apel segar sebelum makan siang asupan kalorinya 15% lebih sedikit daripada mereka yang makan saus apel atau minum jus apel sebelum makan. Hal ini menunjukkan bahwa serat dalam seluruh buah apel segar lebih mengisi atau lebih memberikan efek kenyang jika dibandingkan dengan yang sudah dalam bentuk olahan yaitu jus apel atau saus apel.

Di luar kandungan seratnya, menggigit dan mengunyah seluruh bagian buah dapat merangsang indra Anda dan selain itu membutuhkan waktu lebih lama untuk memakannya. Jadi secara psikologis, memakan buah Apel secara utuh akan lebih memuaskan daripada dengan cara meminumnya dalam sebntuk jus atau memakannya dalam bentuk makanan halus (saus apel). Disamping itu, mengunyah juga mendorong produksi air liur dan cairan lambung yang juga bermanfaat untuk mengisi perut.

Seberapa banyak Makanan Berserat Yang Dibutuhkan?

images

Pada umumnya wanita membutuhkan sekitar 25 gram dan untuk pria sebanyak 38 gram perharinya. Peneliti pada Tufts University dan Profesor dalam bidang nutrisi, Susan Robert Phd, menunjukan bahwa orang yang makan 35 sampai 45 gram serat per hari tidak mudah merasa lapar saat menjalani proses penurunan berat badan dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit serat.

Serat memiliki berbagai jenis (bentuk):

  • Serat yang larut atau tidak larut: bentuk serat yang larut akan larut dalam air, sedangkan jenis yang tidak larut, maka tidak larut dalam air. Kedua jenis serat ini dapat ditemukan secara alami pada buah-buahan, sayuran, gandum, sayuran polong, dan kacang-kacangan.
  • “Dietary” fiber (serat makanan) merujuk pada serat yang terdapat secara alami pada makanan yang kita makan.
  • “Functional” fibers (serat fungsional) seperti misalnya insulin yang ditambahkan pada makanan kemasan yang berfungsi  merangsang bertambahnya kandungan serat pada makanan tersebut.

Menambahkan makanan berserat sebaiknya dilakukan secara bertahap (pelan-pelan), dengan begitu kita dapat terhindar dari buang gas dan kembung karena tubuh memiliki waktu untuk untuk beradaptasi. Penting juga untuk minum air yang banyak.

Bila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membuat atau mendapatkan bahan-bahan untuk membuat sendiri makanan berserat, maka Fibre and Herb Herbalife merupakan salah satu suplemen yang bisa anda gunakan untuk menunjang program diet Anda. Kandungan serat yang terdapat pada suplemen ini berasal dari bahan alami terbaik, seperti dari gandum dan pepaya. Kandungan serat yang terdapat pada Fibre and Herbs Herbalife bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan lemak dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi suplemen ini Anda tetap bisa makan tanpa perlu khawatir gendut.  Sedangkan manfaat lainnya adalah membantu mengeluarkan racun (detoksifikasi) dalam tubuh, serta membantu penyerapan nutrisi pada makanan.

Share MeShare on Facebook1Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0