Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Cepat


Kenapa Terus Makan Meskipun Sudah Kenyang?

Cara mengurangi nafsu makan dengan cepat merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh mereka (pria dan wanita, termasuk wanita hamil dan ibu menyusui, juga anak – anak) yang sedang melakukan diet dan mereka yang ingin menurunkan berat badan  adalah tidak dapat berhenti makan padahal mereka tahu bahwa perut mereka sudah cukup terisi (kenyang). Artikel ini akan membahas tentang tips dan cara sehat, efektif, alami serta  tanpa obat untuk mengurangi nafsu makan secara praktis dan tentang bagaimana berhenti makan sebelum Anda makan berlebihan.

Makan adalah kegiatan yang menyenangkan dan sebagai manusia kita selalu menikmati makan baik di siang maupun malam hari. Ini adalah hasrat yang mendasar sejak nenek moyang kita. Pada saat-saat kita tidak tahu kapan waktu makan kita selanjutnya, maka biasanya kita akan memastikan untuk mengisi penuh perut kita saat waktu makan tiba nanti–padahal kita tidak sedang kelaparan. Itulah yang menyebabkan kenapa banyak orang menjadi makan berlebihan. Penelitian menunjukan bahwa otak membutuhkan waktu hingga 20 menit  untuk mendapatkan pesan bahwa perut Anda sudah penuh (kenyang), padahal dalam waktu 20 menit itu Anda bisa mengkonsumsi ratusan kalori yang tidak perlu.

Jadi bagaimana cara mengurangi nafsu makan dan bagaimana juga agar dapat menekan nafsu makan yang tinggi disaat dalam kondisi biasa, hawa dingin,  ataupun saat menjelang menstruasi (haid) dan  supaya bisa berhenti sebelum Anda makan berlebihan dan tubuh tetap bisa langsing atau tidak mejadi gemuk? Solusinya bisa sangat mudah yaitu dengan menggunakan alat bantu “Stopper”. Stopper adalah ‘alat’ yang digunakan untuk menandakan ke otak Anda bahwa makan telah berakhir. Misalnya, dengan tetap mengunyah sepotong permen karet di mulut saat secara intelektual Anda menyadari bahwa Anda telah makan makanan yang cukup dan sudah puas. Dengan mengunyah permen karet berarti Anda memberikan waktu pada otak Anda untuk menyadari bahwa Anda sudah penuh (kenyang) dan sehingga kemudian Anda akan lebih mudah utk melewati kesempatan makan.

cara mengurangi nafsu makan

Stopper adalah makanan, minuman atau kegiatan yang menandakan ke otak Anda bahwa acara makan Anda telah berakhir. Sebagai contoh, jika Anda duduk di sebuah restoran dan porsi yang diberikan kepada Anda terlalu besar, maka Anda dapat menggunakan Stopper itu bila intelektual Anda mengatakan bahwa Anda telah cukup makan dan puas dengan porsi cukup saja.  Hal ini akan memungkinkan Anda utk terhindar dari makan berlebihan

Stopper bermanfaat sebagai salah satu cara ampuh mengurangi nafsu makan, karena stopper memungkinkan Anda untuk menjauhkan diri dari tindakan makan yang cukup lama, sehingga memungkinkan Anda  untuk dengan mudah mencegah makan berlebihan. Stopper juga dapat memotong pendek waktu dan ngemil dan jumlah camilan Anda. Jika Anda tahu bahwa semua yang Anda butuhkan adalah nyemil dalam jumlah sedikit saja untuk bisa membantu Anda melalui waktu sampai waktu makan malam tiba, maka Anda bisa makan cemilan dalam porsi kecil dan diakhiri dengan sebuah Stopper.

Oke, jadi apa contoh Stopper yang paling baik? Yang paling populer digunakan adalah permen karet bebas gula. Ini adalah stopper yang paling favorit karena berbagai alasan, pertama-tama karena lebih mudah, kedua – karena saat mengunyah permen karet tidak memungkinkan Anda untuk makan tambahan dan ketiga—karena  permen karet bebas gula memiliki kalori yang sangat sedikit.

Contoh Stopper favorit lainnya adalah meminum minuman herbal (bukan jamu tradional) seperti misalnya secangkir the panas atau kopi, karena untuk meminum minuman ini kita perlu menyesap (minum sedikit-sedikit) sehingga memberikan waktu yg cukup bagi Anda untuk dapat merasa kenyang. Anda juga bisa menggunakan  permen, menyikat gigi Anda,melipat serbet di atas piring Anda atau menggunakan barang-barang yang membantu Anda memutuskan perhatian Anda dari makan tanpa harus menambahkan kalori tambahan, dengan kata lain, Stopper Anda tidak harus berupa makanan penutup.

Menggunakan Stopper adalah cara cepat, jitu dan mudah untuk mengurangi nafsu makan dan akan menjadi salah satu teknik sederhana dalam menurunkan berat badan. Cobalah beberapa ide-ide diatas tadi, lalu gunakan teknik ini secara rutin. Cara mengurangi nafsu makan seperti ini tentunya sangat mudah untuk diterapkan. Selamat mencoba!

Share MeShare on Facebook27Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0