Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Meskipun Sedang Beristirahat


Mungkinkah berat anda berkurang walaupun kita sedang beristirahat? Jawabnya adalah mungkin, caranya yaitu dengan meningkatkan RMR. Apakah RMR itu? silahkan membaca artikel ini lebih lanjut.

Jalan kaki dan jalan kaki. Kita bisa saja berjalan dari Jakarta ke Bandung, dan tetap saja tidak dapat menurunkan kelebihan berat badan – paling tidak itulah yang terlihat. Jika Anda telah berusaha semaksimal mungkin akan tetapi belum berhasil, berikut ini adalah beberapa tips untuk bisa membakar lebih banyak lemak dari latihan (olah raga) yang Anda lakukan.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh adalah rahasianya, kata Katie Heimburger, seorang ahli fisiologi olahraga di Atlanta Amerika Serikat. Metabolisme adalah jumlah energi – dalam bentuk kalori – yang kita bakar sejak pagi hingga sore hari.

Memang benar, kita membakar kalori saat kita berlari atau berjalan. Tapi kita juga membakar kalori ketika kita duduk di depan komputer atau TV, bahkan ketika kita tidur – ” inilah yang disebut RMR (Resting Metabolic Rate) atau Tingkat Metabolisme Istirahat.

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan #1: Membentuk Masa Otot.
Ketika Anda meningkatkan masa otot, berarti Anda juga meningkatkan RMR – itulah yang membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori, kata Heimburger. “Itu sebabnya kami sarankan untuk menambahkan latihan beban dalam program olah raga Anda.”

Beberapa contoh olahraga untuk meningkatkan masa otot: latihan dengan mengggunakan barbel untuk tangan untuk membentuk otot bicep,olah raga dengan menggunakan mesin olah raga yang ada di gym, atau melakukan push-up dan sit up perut. “Jika Anda sedang membangun kekuatan, berat badan Anda akan hilang”.

Setiap jenis latihan yang membentuk dan melatih kekuatan akan meningkatkan massa otot.

Itulah mengapa sekarang ini ada olah raga seperti yoga dan pilates, yang dapat memperkuat tubuh Anda. Pilates adalah tentang penguatan inti dari tubuh Anda : punggung, perut. Beberapa bentuk gerakan yoga memiliki efek yang sama.

Para ahli menyarankan untuk melakukan latihan beban dua kali seminggu. Tidak disarankan membawa beban atau menggunakan pemberat (beban) pada lingkar mata kaki saat berjalan. Menambahkan beban-beban seperti ini dapat menyebabkan kerusakan pada sambugan sendi. Beban hanya boleh digunakan saat Anda berdiri tegap.

Trainer pribadi atau psikolog olah raga juga dapat membantu Anda dengan membuatkan program olahraga atau latihan seimbang yang menargetkan pembentukan otot-otot utama.

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan #2: Lakukan Banyak Olah Raga Cardiovascular

c
Pembakaran terbanyak berasal dari olah raga cardiovascular. Seperti misalnya: berlari, mendaki, jalan, bersepeda, aerobic, menari (dancing), kickboxing, atau menggunakan mesin cardio di gym, apapun yang membuat denyut jantung meningkat.
Idealnya, Anda harus melakukan ini 4 sampai 5 kali dalam seminggu, 30-40 menit setiap kalinya. Intinya adalah berolahragalah dan bakarlah lemak sebisa mungkin.

 

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan #3: Fokus Pada Frekuensi, Durasi Dan Intensitas.
Secara bertahap tingkatkan jumlah, lamanya waktu, dan intensitas olah raga, maka Anda pasti akan melihat proses penurunan berat badan berjalan dengan lebih cepat.

Nikmati Efek Setelah Pembakaran
Olah raga adalah hadiah untuk diri sendiri yang terus memberi manfaat. Dalam sebuah fenomena yang dikenal sebagai kelebihan konsumsi oksigen setelah berolah raga (EPOC = Excess Postexercise Oxygen Consumption ), tubuh Anda butuh waktu berjam-jam untuk pulih setelah berolah raga keras (olah raga yang membuat Anda terengah-engah setelah melakukannya) untuk kembali ke RMR normal. Sebenarnya ini adalah rejeki nomplok bagi tubuh Anda karena tubuh membakar lebih banyak kalori daripada biasanya-bahkan setelah Anda selesai berolahraga. Meningkatnya pembakaran tergantung pada seberapa sering atau seberapa keras Anda berolah raga (tetap harus melakukannya dengan interval).

Share MeShare on Facebook9Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0