Cara Diet Rendah Karbohidrat


Sudah Diet Tapi Masih GAGAL?
Konsultasikan Masalah Anda ke :
SMS/WA/Telp :
0813-3340-4676 / PIN 535D7684

Saat ini banyak sekali bermunculan cara-cara diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun tak sedikit dari mereka yang gagal dalam melaksanakan program diet. Umumnya mereka tidak kuat saat melakukan diet, atau diet yang mereka jalankan justru merusak kesehatan mereka.

Saat ini sedang popular tentang cara diet adalah diet rendah karbohidrat. Beberapa sosialita Hollywood seperti Kim Kardashian mengaku melakukan diet rendah karbohidrat. Ia mengatakan bahwa diet ini terbukti ampuh menurunkan berat badannya setelah melahirkan. Namun ada pendapat yang berbeda, beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa diet rendah karbohidrat justru berbahaya bagi kesehatan karena dapat merusak sistem metabolisme tubuh. Jadi, mana yang benar?

diet rendah karbohidrat

Sesungguhnya, tidak ada yang salah dari kedua pernyataan tersebut. Memang berapa pakar gizi menyatakan bahwa cara diet rendah karbohidrat dapat mengganggu dan mengacaukan metabolisme tubuh karena berkurangnya suplai karbohidrat. Sebaliknya, lemak dan protein justru akan bertambah. Sebenarnya, diet rendah karbohidrat hanya efektif untuk menurunkan berat badan jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjang, diet rendah karbohidrat ini justru akan berbahaya bagi yang melakukannya. Fakta menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet karbohidrat bisa menurunkan berat badannya sampai 10 kg di semester pertama, namun pada  bulan berikutnya berat badannya justru bertambah. Artinya bahwa diet karbohidrat sebaiknya dilakukan untuk awal saja.

Bila Anda sunggug-sungguh ingin menurunkan berat badan tetapi tetap sehat, maka Anda bisa mengikuti cara-cara yang direkomendasikan berikut ini karena telah banyak yang berhasil menurunkankan berat badannya dan biasanya membantu mereka menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimanakah caranya?

Cara Diet Rendah Karbohidrat

Bila Anda menginginkan waktu yang singkat untuk menurunkan berat badan, cara diet rendah karbohidrat boleh dilakukan namun jangan dilakukan untuk jangka waktu yang lama. Misalkan hanya untuk jangka waktu 3 bulan atau 4 bulan saja, tergantung tujuan dan target target diet Anda.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan:

  • Sesuaikan target dan program diet yang ingin Anda capai. Bila target berat badan sudah tercapai, sebaiknya segera ubah diet rendah karbohidrat ini menjadi diet gizi seimbang dan rendah kalori untuk menjaga berat badan tetap stabil (ideal0.
  • Hindari makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi dan gandum. Atau, Anda bisa mengganti  nasi  putih dengan nasi merah yang rendah kalori.
  • Hindari makanan berpemanis buatan. Hindari pula makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen,gula, dll.
  • Mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi seperti  telur, ikan, daging, kedelai, sebagai pengganti nasi. Sebaiknya kombinasikan dengan sayur dan buah-buahan.
  • Hindari mengkonsumsi gorengan atau makanan yang digoreng. Sebaiknya konsumsilah makanan yang  dikukus atau direbus daripada digoreng untuk mengurangi kadar kolesterol dan lemak.
  • Karbohidrat sebagai sumber energi sebaiknya jangan ditinggalkan. Karbohidrat mempunyai fungsi tersendiri dalam tubuh. Jika fungsi ini tidak ada, maka metabolism tubuh akan kacau.

Karbohidrat adalah sumber sumber energy bagi tubuh, oleh sebab itu sebaiknya jangan ditinggalkan. Karbohidrat memiliki fungsi tersendiri dalam tubuh. Bila fungsi ini tidak ada, maka metabolisme tubuh akan kacau. Cara diet rendah karbohidrat disarankan hanya untuk diet jangka pendek, misalnya diet untuk ibu-ibu pasca melahirkan. Bila target berat badan telah tercapai, segera ganti (kembali) ke makanan bergizi seimbang rendah kalori untuk menjaga berat badan yang sudah ideal.

Share MeShare on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0