10 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat & Tepat


Meningkatkan metabolisme adalah cara ampuh menurunkan berat badan yang paling utama, akan tetapi seberapa cepat tubuh Anda membakar kalori tergantung pada beberapa hal. Beberapa orang mewarisi metabolisme yang cepat. Pria cenderung membakar kalori lebih banyak daripada perempuan, bahkan saat beristirahat. Dan bagi kebanyakan orang, metabolisme terus melambat setelah usia 40. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol umur, jenis kelamin, atau genetika, ada cara lain untuk meningkatkan metabolisme Anda. Berikut ini adalah 10 cara untuk meningkatkan metabolisme Anda.

1) Membentuk Otot

Cara paling ampuh pertama yaitu dengan membentuk otot. Tubuh membakar kalori secara konstan, bahkan saat Anda sedang tidak melakukan aktifitas (Resting Metabolic Rate/RMR). Mereka yang memiliki lebih banyak otot memiliki RMR yang lebih tinggi. Setiap 500gram otot menggunakan 6 kalori per hari hanya untuk mempertahankan dirinya. Sementara setiap 500 gram lemak membakar hanya 2 kalori perhari. Perbedaan kecil ini dapat di tingkatkan seiring berjalannya waktu. Setelah melakukan serangkaian olah raga, maka otot di seluruh tubuh akan diaktifkan, yang kemudian dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda.

2) Tingkatkan Olah Raga Anda

Tips ampuh menurunkan berat badan yang kedua adalah dengan meningkatkan olahraga. Olahraga aerobik memang tidak menjadikan Anda memiliki otot besar, tetapi dapat membuat metabolisme tubuh tetap berputar hingga beberapa jam setelah melakukan olahraga tersebut. Kuncinya adalah dengan mendorong diri Anda untuk melakukan gerakan (olah raga) tambahan. Olah raga dengan intensitas tinggi menghasilkan Resting Metabolic Rate (RMR) yang lebih besar dan lebih lama dibandingkan dengan olah raga dengan intensitas rendah atau menengah. Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga dengan intensitas tinggi, cobalah ber-olah raga yang lebih intens di gym atau lakukan jogging di sela Anda melakukan olah raga jalan kaki.

Saat Anda melakukan olah raga lari , berenang, atau bahkan berjalan, tingkatkan intensitas atau kecepatannya nya untuk setiap interval 30 detik, kemudian sesudahnya kembali ke kecepatan normal. Strategi ini akan membantu Anda mengkonsumsi lebih banyak oksigen dan membuat sel pembangkit tenaga, mitokondria, bekerja lebih keras untuk membakar energi. Jumlah mitokondria akan meningkat dan mereka akan lebih efisien membakar lemak sepanjang hari. Dengan cara ini, Anda bisa berolahraga dengan waktu lebih singkat dan tetap bisa mendapatkan hasil yang bagus.

Cara melakukannya:
Latihan (olah raga) selama 5 menit dengan kecepatan 6 km/jam. Lalu tingkatkan kecepatan hingga 7 km/jam selama 60 detik. Kemudian kembali ke 6 km/jam selama 90 detik. Ulangi seluruh urutan sebanyak 5 kali, dua kali seminggu. (Untuk mendapatkan olah raga menjadi lebih menantang, tingkatkan terus kecepatan Anda).

3) Minumlah Air Sebagai Tambahan Bahan Bakar Bagi Tubuh

Tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori. Jika Anda mengalami dehidrasi, meskipun ringan, maka metabolisme tubuh Anda akan melambat. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum delapan atau lebih gelas air sehari membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang minum empat. Untuk tetap terhidrasi, minumlah segelas air atau minuman tanpa gula lainnya sebelum makan dan ngemil. Juga makanlan, camilan buah-buahan segar dan sayuran. Makanan seperti ini secara alami mengandung air.

4) Apakah Harus Minum Minuman Berenergi (Energy Drink)?

Beberapa bahan yang terkandung dalam minuman energi dapat memberikan peningkatan metabolisme. Mereka mengandung banyak kafein, yang meningkatkan jumlah energi bagi tubuh. Minuman ini kadang-kadang memiliki taurin, dan asam amino. Taurin dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda dan dapat membantu membakar lemak. Tetapi mengkonsumsi minuman ini dapat menyebabkan masalah seperti tekanan darah tinggi, kecemasan, dan masalah dengan tidur bagi sebagian orang.

5) Camilan Sehat

Makan sepanjang hari adalah strategi yang telah terbukti dapat membantu mengekang rasa lapar dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Makan lebih sering dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Bila Anda makan besar dengan jeda waktu beberapa jam, metabolisme Anda akan menurun diantara (jeda) waktu makan tersebut. Makan makanan kecil atau camilan setiap 3 sampai 4 jam dapat menjaga metabolisme Anda tetap berputar, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang secara teratur makan makanan ringan akan berkurang porsi makanan yang di makannya pada saat makan.

Pastikan Anda sarapan. Makan pagi kaya nutrisi (seperti oatmeal dengan almond dan biji-bijian, atau telur dadar isi bayam-dan-keju feta dengan sepotong roti panggang gandum) tak lama setelah bangun tidur, secara harfiah juga berarti membangunkan metabolisme Anda. Sarapan pagi membuat mesin dalam tubuh Anda tetap bekerja

6) Makanan Pedas & Organik

Makanan pedas mengandung bahan kimia alami yang dapat memacu metabolisme Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Makanan dengan satu sendok makan cabai merah cincang atau hijau dapat meningkatkan metabolisme. Efeknya mungkin sementara, tetapi jika Anda sering makan makanan pedas , maka manfaatnya mungkin akan bertambah. Untuk dorongan yang lebih cepat, bubuhi hidangan pasta Anda dengan cabai, dan semur dengan dengan bubuk paprika merah.

Jika Anda ragu-ragu apakah sudah waktunya untuk membeli makanan berbahan organik, berita ini mungkin akan menyenangkan Anda: Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang tumbuh tanpa pestisida dapat menjaga sistem pembakaran lemak Anda tetap berjalan pada kecepatan penuh karena makanan organik tidak mengekspos kelenjar gondok dengan racun. Produk nonorganik, di sisi lain, menghambat metabolisme terutama karena mengganggu kinerja kelenjar gondok (kelanjar yang mengatur suhu tubuh) Anda.

Susu Tinggi Protein Rendah Kalori Herbalife

Susu Tinggi Protein Rendah Kalori Herbalife

7) Power Up With Protein

Tubuh akan membakar lebih banyak kalori ketika makan makanan berprotein daripada makan makanan berkarbohidrat. Untuk melakukan diet seimbang, yang harus dilakukan adalah mengganti beberapa makanan ber-karbohidrat dengan makan tanpa lemak; makanan kaya protein dapat meningkatkan metabolisme pada saat makan. Sumber protein yang baik misalnya daging sapi tanpa lemak, kalkun, ikan, daging ayam yang berwarna terang, tahu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, telur, dan produk susu rendah lemak.

8) Minumlah Sedikit Kopi Hitam

Jika Anda seorang peminum kopi, Anda mungkin dapat menikmati energi dan gairah konsentrasi yang diberikan dari minum kopi. Bila di konsumsi secara tidak berlebihan (moderat), salah satu manfaat kopi adalah meningkatkan metabolisme Anda dalam jangka pendek. Kafein dapat membantu untuk tidak mudah merasa lelah dan bahkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat berolahraga.

9) Isi Ulang Energi Tubuh Anda dengan Teh Hijau

Teh Hijau Herbalife

Teh Hijau Herbalife

Minum teh hijau atau teh oolong memberikan manfaat gabungan dari kafein dan catechin, zat-zat yang terbukti mendongkrak metabolisme selama beberapa jam. Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 sampai 4 cangkir teh dapat mendorong tubuh untuk membakar 17% lebih banyak kalori saat berolahraga degan intensitas sedang. Teh hijau telah lama dikenal akan polifenol antioksidan nya.

Para peneliti melakukan serangkaian penelitian pada mereka yang melakukan diet dan menemukan bahwa mereka yang beralih ke teh hijau kehilangan berat badan lebih dari mereka yang tidak. Hal ini menunjukkan bahwa zat catechins (katekin) dapat meningkatkan oksidasi lemak dan termogenesis, kemampuan tubuh memproduksi energi atau panas, dari proses pencernaan.

Tri Shield Softgels

Suplemen Omega 3

10) Konsumsi Makanan Omega-3

Mengapa makan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti: salmon, herring, dan tunadapat mebantu meningkatkan metabolisme? Omega-3 akan menyeimbangkan kadar gula dalam darah, mengurangi peradangan, serta membantu mengatur metabolisme. Omega-3 juga dapat mengurangi resistensi terhadap hormon leptin.

Para ahli meneliti Omega-3 dan kaitannya dengan seberapa cepat lemak yang dibakar. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa tikus yang menelan minyak ikan dalam dosis besar, berat badannya banyak berkurang saat melakukan kegiatan fisik. Konsumsilah suplemen asam lemak omega-3 ; disarankan 1.000 sampai 2.000 miligram per hari. Benci bau amis-nya? Cobalah minyak biji rami, kenari, atau telur yang telah diperkaya dengan omega-3. Atau gunakan suplemen yang di produksi oleh merek-merek tertentu yang tidak memiliki rasa amis.

Share MeShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0