Manfaat Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan


Pada zaman dahulu di Negara India, yoga merupakan olahraga untuk menjaga kesehatan, melawan penyakit, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetapi di jaman sekarang ini yoga selain untuk kesehatan, juga sedang tren bahwa yoga juga untuk menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan dengan yoga pun merupakan cara yang lebih cepat dibanding aerobik karena didalamnya terdapat gerakan-gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Meski kalori yang terbakar dari melakukan yoga dibandingkan dengan lari atau aerobik tidaklah sama, namun senam yang berpusat pada pikiran dan pengolahan jiwa ini dapat mampu membantu Anda menjaga bentuk dan berat badan secara ideal melalui latihan konsentrasi. Mengapa bisa demikian? Sebab bila Anda rutin berlatih yoga, maka secara otomatis pula mereka akan memberbaiki pola makan Anda. Selain itu, yoga juga dapat membantu menurunkan tingkat gangguan psikologis seperti stress, depresi atau kejenuhan pada seseorang. Biasanya orang-orang yang tertekan jiwanya, baik karena urusan keluarga, urusan bisnis, maupun urusan pekerjaan atau lainnya, cenderung melakukan kompensasi dengan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Bila anda terbiasa melakukan yoga, maka Anda akan terbiasa juga untuk mengelola pikiran sehingga terhindar dari stress.

Berikut ini adalah gerakan yoga untuk menurunkan berat badan yang juga bermanfaat bagi kesehatan dan dapat dengan mudah dipraktekan di rumah

  • Pose busur
    Pose busur
    Pose ini dapat membantu tubuh dalam pembakaran lemak pada bagian tubuh yang tersulit. Latihan in dapat menekan bagian dada perut, panggul dan paha. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan.
  • Paschimottanasana
    Paschimottanasana
    Pose ini juga merupakan gerakan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Pose ini dapat membantu Anda mengurangi lemak pada perut.
  • Pose pohon
    Pose pohon
    Pose pohon merupakan pose paling mudah untuk dilakukan, sebagai cara menurunkan berat badan dan merilexkan pikiran. Lakukan pose ini pada saat perut Anda kosong.
  • Bhujasana
    Bhujasana
    Bhujasana atau pose kobra, sangat baik untuk menyembauhkan masalah punggung. Selin itu pose ini juga efektif untuk menurunkan berat badan
  • Pose kupu-kupu
    Pose kupu-kupu

    Pose ini dapat membakar lemak pada perut dan paha, dan juga kaki. Jika ingi mempunyai kaki ramping Anda dapat melakukan gerakan yoga ini.
  • Pose unta
    Pose unta

    Pose unta dapat mengatasi lemak pada perut secara efektif, selain itu pose unta juga dapat mengatasi lepak pada pinggang, dada dan lemgan.
  • Kundalini
    Kundalini
    Pose yoga yang terakhir ini dapat membakar lemak pada paha dan perut. Selain itu pose ini dapat membentuk perut Anda.

Itulah beberapa gerakan yoga untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda lakukan. Bila Anda menginginka tubuh sehat, langsing dan perut rata maka lakukan gerakan yoga di atas secara rutin. Menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan cara olahraga saja tetapi ada juga cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Share MeShare on Facebook158Share on Google+3Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0