Menurunkan Berat Badan Dengan Sup Pembakar Lemak


Konon kabarnya, Sup Pembakar Lemak iniawalnya diberikan untuk para pasien jantung di salah satu Rumah Sakit di Maryland-USA yang harus menurunkan berat badan mereka dengan cepat sebelum di operasi. Sup pembakar lemak untuk program diet ini boleh dijalankan sesering mungkin sesuai kebutuhan. Kegunaan sup ini adalah untuk melakukan detoksifikasi racun di dalam tubuh. Selama melakukan program diet dengan sup pembakar lemak syaratnya adalah tidak boleh mengkonsumsi roti/nasi, gorengan, meminum alcohol dan bersoda. Sedangkan yang boleh dikonsumsi adalah hanya air putih, kopi/teh tanpa gula, dan susu rendah lemak (hanya di hari yang ditentukan).

Salah satu bahan yang terdapat didalam sup pembakar lemak adalah Paprika dan Bawang Bombay. Mengapa Paprika dan Bawang Bombay? Ternyata karena Paprika mengandung lebih banyak vitamin C bermanfaat dibanding jeruk. Dalam setiap 100 gram paprika hijau, mengandung protein 0.9gram, karbohidrat 4.4gram, lemak 0.3gram, kalsium 7.0mg, besi 0.4mg, fosfor 22mg, vitamin A 540 IU, vitamin B1 22.0mg, vitamin B2 0.002mg, nyacin 0.4mg dan vitamin C 160mg.

Memang harga paprika di Indonesia sedikit mahal, akan tetapi manfaatnya banyak. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dikenal sebagai senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh untuk berbagai proses penting, mulai dari produksi kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut elekton dari berbagai reaksi enzimatik, pengangkut lemak, menjadikan gusi yang sehat, mengatur tingkat kolesterol, memacu imunitas. Dan paprika bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh, oleh sebab itu paprika berguna untuk mempercepat metabolisme tubuh.

Lalu, bagaimana tentang manfaat bawang Bombay dan Bawang Putih? Menurut American Journal of Clinical Nutrition, bawang bombay banyak mengandung phytochemical untuk meluruhkan timbunan lemak di tubuh, membasmi jamur, dan ampuh membunuh virus. Sedangkan bahan dalam sup yang banyak mengandung phytochemical adalah bawang putih.

Banyak ahli diet pembakaran lemak yang merekomendasikan makanan yang rendah asupan nutrisi, misalnya sup hambar, padahal kita menginginkan sup dengan kuah nikmat, sayuran dan makanan lain seperti juicy steak.

Ada banyak sup lezat yang bisa Anda buat dengan menggunakan bahan-bahan rendah lemak dan kalori. Untuk memenuhi kepuasan makan Anda selama diet, silahkan mencoba sup pembakar lemak dasar di bawah ini:

Sup Kubis
Sup ini adalah sup pembakar lemak yang paling populer, karena merupakan bagian utama dari 7 menu diet harian. Sup sini sangat sederhana, terdiri dari kubis, bawang putih, paprika hijau, tomat, seledri, dan air. Anda juga dapat menambahkan garam atau merica untuk memberikan rasa. Sup kubis sangat baik untuk melakukan pembakaran lemak tingkat tinggi. Serat dalam sup akan bekerja secara luar biasa untuk membersihkan tubuh Anda. Setelah mengkonsumsi sup ini mungkin Anda akan menghabiskan banyak waktu di toilet. Sup ini paling baik untuk dikonsumsi dan makanlah sup ini setiap beberapa jam selama diet.

Sup Hijau
Sup ini terbuat dari hampir semua sayuran berdaun hijau dan bahan-bahan apa pun yang dapat Anda jadikan bahan untuk membuat sup. Bila Anda menemukan satu atau dua buah wortel dalam lemari pendingin Anda, ambil dan masukan saja ke dalam campuran sup dan tambahkan bumbu seperti kaldu ayam atau kaldu daging sapi. Meskipun sup ini sangat lezat, namun kandungan kalorinya rendah. Setiap mangkuk sup mengandung sekitar 100 kalori, dan oleh karena itu sup ini akan membakar lemak dengan baik berkat kandungan nutrisinya yang tinggi. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli kaya akan kalsium yang merupakan salah satu nutrisi yang mengontrol banyaknya lemak dalam tubuh Anda.

Sup Telur Rumput Laut

Taukah Anda “wakame” bahasa Jepang yang berarti “rumput laut di sup”, kaya akan fucoxanthin ? Nutrisi yang ejaannya sulit diucapkan ini dapat membantu mempercepat pembakaran lemak terutama lemak yang terdapat pada jaringan lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Sedangkan telur juga merupakan sumber protein dan mineral untuk pembakaran lemak lainnya. Putih telur hampir tidak memiliki lemak. Tuangkan dua putih telur dan satu butir telur ke dalam mangkuk, lalu kocok kemudian masukan ke dalam panci berisi sup mendidih. Tambahkan rumput laut. Masak hingga matang dan nikmati.

Sup Kacang

Bahan-bahan sepeti lentil, kacang, dan kacang polong bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat sup ini. Sup ini akan membantu tubuh Anda membakar lemak, mengatur pencernaan, dan meningkatkan pertumbuhan otot. Caranya: rebus semua kacang-kacangan tersebut bersama-sama selama beberapa jam sebelum membuat sup. Setelah kacang-kacangan tersebut matang, masukan ke dalam sup. Anda juga bisa menambahkan daging rendah lemak, bumbu kaldu ayam rendah sodium dan potongan sayuran pilihan Anda lainnya yang kaya serat dan protein.

Sup Gandum
Salah satu makanan terbaik adalah gandum, karena gandum tidak akan meningkatkan kadar gula darah, rendah kalori dan bikin cepat kenyang. Caranya: siapkankan sup sayuran sederhana yang terdiri dari sayuran hijau favorit Anda, lalu tambahkan beberapa potongan gandum di dalamnya. Serat yang terkandung dalam gandum akan mengikat lemak dalam tubuh Anda dan akan dihilangkan.

Sup Tomat

Sup ini adalah salah satu sup ​​pembakar lemak pokok yang terbaik karena kandungan air dan seratnya yang tinggi tinggi tetapi rendah lemak dan kalori. Lalu tambahkan bawang putih, bawang merah dan rempah-rempah hijau. Bila mau, Anda dapat menambahkan juga cabai yang akan menambah sifat pembakaran lemak sup ini.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Selamat menikmati diet Anda…

Share MeShare on Facebook0Share on Google+3Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0