Menu Makan Malam Untuk Diet


Banyak orang yang beranggapan bahwa makan malam dapat menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh dan hal ini sering menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Untuk menghindari timbunan lemak tersebut, kebanyakan dari mereka akan menghindari makan malam agar berat tubuh mereka tetap ideal atau bertambah. Sesungguhnya pemahaman seperti itu tidak sepenuhnya betul dan sebaiknya dihilangkan.

Tips Menu Makan Malam Untuk Diet Yang Sehat

Para ahli nutrisi sepakat bahwa menghindari makan malam sama sekali tidak akan membuat berat badan seseorang akan turun secara drastis. Hal penting yang harus diluruskan adalah pengertian diet bukanlah menghilangkan jatah makan malam, akan tetapi Anda bisa menyiasati makan malam dengan menu makan malam sehat yang rendah kalori.

Makan Malam Sehat Untuk Diet

Bila Anda ingin memulai berdiet, Anda harus tetap sarapan, makan siang dan juga makan malam. Khusus untuk makan malam, Anda harus sungguh-sungguh mengatur nutrisi makanan Anda agar tubuh mendapat asupan yang baik. Selain itu, aturlah porsi makan Anda; jangan berlebihan karena makan malam berlebihan tidak baik bagi tubuh.

Makan Malam Sehat Untuk Diet

Makan Malam Sehat Untuk Diet

Untuk menurunkan berat badan, maka dianjurkan kepada Anda untuk mengikuti rekomendasi menu makan malam untuk diet berikut ini:

  1. Salad Sayuran
    Awali makan malam sehat anda dengan makanan pembuka berupa salad sayuran terutama sayuran hijau karena sayuran hijau mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Salah satu contoh salad adalah seperti ini: campurkan selada, mentimun, tomat, irisan bawang merah, atau bawang Bombay lalu Anda bisa menambahkan minyak zitun, merica serta mustard sebagai pelengkap yang menyegarkan.
  2. Buah-buahan
    Saat melakukan diet sebaiknya Anda membatasi mengkonsumsi makanan yang manis-manis . Akan tetapi bukan berarti harus menghilangkan makanan manis sama sekali, karena Anda bisa mengganti makanan manis dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti apel atau jeruk yang kandungan serat nya tinggi. Akan tetapi jangan mengkonsumsi lebih dari satu buah.
  3. Konsumsi Gandum
    Jangan mengkonsumsi nasi putih berlebihan, gantilah nasi putih dengan gandum. Gandum lebih kaya serat dan bernutrisi sehingga sangat cocok bila dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet. Bila bosan mengkonsumsi gandum, Anda bisa juga beralih ke beras merah.
  4. Makanan Mengandung Protein
    Setelah menyantap salad sayuran hijau sebagai makanan pembuka, maka bisa melanjutkan dengan makan menu utama makan malalam yang sehat seperti mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak, ikan, tahu, atau kacang-kacangan yang diolah dengan cara dibakar atau direbus.

Itulah menu makan malam untuk diet yang sehat. Pastikan Anda mematuhi jadwal makan malam yang sehat setiap harinya. Sebaiknya makan malam dilakukan sebelum jam 7 malam. Atau usahakan makan malam dilakukan 2 jam sebelum tidur malam, agar makanan yang kita makan tidak menjadi timbunan lemak diperut.

Share MeShare on Facebook52Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1