Jam Dan Menu Sarapan Untuk Diet Sehat


Bila Anda berpikir bahwa sarapan bisa mengacaukan program diet Anda, buang jauh-jauh pikiran itu. Dengan mengikuti menu sarapan untuk diet yang teratur justru dapat menurunkan berat badan dan juga sebagai kebugaran tubuh. Sarapan adalah cara paling efektif untuk diet. Pilihan makanannya tetap harus diperhatikan, termasuk menu rendah kalori dan rendah karbohidrat.

Bagaimana agar sarapan memberi efek yang optimal bagi tubuh?
Sarapan 8 sampai 10 jam setelah makan malam (dan tidak makan apa-apa lagi) adalah waktu yang ideal utk sarapan. Saat itu tubuh telah memiliki cukup waktu untuk melakukan metabolisme dan siap menerima asupan gizi pertama di pagi hari.

Berikut beberapa makanan rendah karbohidrat yang baik  dan sehat  sebagai menu sarapan untuk diet :

  1. Telur
    Untuk beraktifitas, tubuh kita membutuhkan kalsium dari satu butir telur (satu butir telur ukuran besar mengandung 70 kalori dan memenuhi 13% kebutuhan protein harian). Dan telur dapat digunakan sebagai pelengkap untuk sarapan rendah karbohidrat Anda. Telur kaya akan protein yang bisa membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.
  1. Sayuran
    Salah satu makanan dengan nutrisi penting untuk sarapan adalah sayuran hijau. Untuk mendapatkan sarapan berkarbohidrat rendah, Anda bisa menambahkan salad sayuran yang terdiri dari wortel, mentimun, dan tomat. Sayuran hijau dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat.
  1. Banyak protein
    Anda bisa menambahkan protein berupa daging tanpa lemak, seperti dada ayam dan ikan pada menu sarapan diet Anda. Jika Anda tidak ingin memulainya, Anda bisa mencobanya dengan makanan non-vegetarian, sepertimisalnya mengkonsumsi kecambah yang sehat dan kaya protein.
  1. Bubur gandum
    Makanan terbaik untuk sarapan rendah karbohidrat adalah bubur gandum. Kandungan serat dalam gandum membantu Anda memiliki pencernaan yang sehat dan mengenyangkan sehingga dapat mencegah rasa lapar lebih lama.
  1. Roti cokelat
    Makanan terbaik untuk sarapan adalah roti cokelat. Roti coklat adalah asupan rendah karbohidrat tetapi memiliki jumlah serat dan protein yang diperlukan saat menurunkan berat badan.

images

Anda bisa mencoba beberapa (contoh) menu sarapan diet berikut ini:

  • Seporsi sereal dengan susu rendah lemak  telur rebus
  • Omelet berisi tomat, bayam, dan keju rendah lemak agar perut kenyang lebih lama.
  • Roti gandum isi keju rendah lemak
  • Sepiring nasi merah plus telur dadar (dari 1 butir telur) dengan irisan tomat atau daun selada.

Jadi intinya, menu sarapan untuk diet yang baik untuk memabantu menurunkan beraty badan adalah makanan yang mengandung  karbohidrat kompleks dan protein yang seimbang.

Share MeShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0