Jam Dan Menu Makan Siang Untuk Diet Sehat


Salah satu kunci keberhasilan dari program dietyang Anda jalani adalah pola makan yang baik dan terjadwal. Namun akan lebih efektif lagi bila tidak saja pola makan yang diatur tetapi  Anda huga harus memperhatikan nilai kandungan gizi nya.

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat menjalankan program diet adalah menghindari makan makanan berkalori tinggi dan yang mengandung banyak lemak lalu menggantinya dengan makanan yang mengandung banyak serat alami dan makanan sumber protein nabati seperti sayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Makanan untuk diet sehat bisa berasal dari beragam  makanan yang kaya akan serat, sebab  serat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat dicerna dalam lambung. Itulah mengapa serat juga berfungsi sebagai makanan penunda rasa lapar yang efektif. Selain itu, makanan berserat juga dapat memperlambat konsentrasi insulin. Kadar serum insulin yang tinggi dalam darah merupakan salah satu faktor pemicu rasa lapar. Itulah mengapa agar ridak cepat merasa lapar, Anda  sangat memerlukan serat bila sedang menjalankan dalam program diet.

Selain asupan makanan yang seimbang, olah raga teratur dan seimbang juga merupakan salah satu aktifitas yang harus Anda lakukan agar dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari diet Anda. Hal ini dikarenankan olahraga yang cukup dan teratur dapat mendisekresi (memngeluarkan/membuang)  kalori penyebab timbunan lemak secara alami lewat keringat.

Bila Anda masih merasa malas untuk berolah raga dan lebih memilih melakukan pola makan sehat, maka semoga artikel ini yang membahas menu makan siang untuk diet sehat dan ampuh menurunkan berat badan ini bisa sedikit membantu.

 

jam

 

Menu makan siang untuk diet yang sehat
Jika menginginkan diet anda sukses,maka Anda juga harus bisa mengkontrol nafsu makan anda.  Bila biasanya di saat makan siang Anda terbiasa untuk mengkonsumsi makanan-makanan berat yang tinggi kalori dan karbohidrat seperti nasi, mie, bihun, dan lainnya; maka kini saatnya Anda mengurangi ataupun menggantikannya dengan sayur-sayuran ataupun buah-buahan segar. Caranya adalah dengan mengganti nasi dengan kacang-kacangan atau polong-polongan yang rendah kalori. Meskipun porsi yang dimakan sama dengan nasi, akan tetapi menu ini jauh lebih rendah kalori dibandingkan makanan dengan nasi.

Bila Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda dapat mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? klik disini untuk mengetahui lebih lanjut.

Makan Siang untuk diet yang Sehat bagi anda:

  1. Buah Buahan.
    Sebelum menyantap makan siang Anda, sebaiknya Anda makan buah-buahan terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena kandungan serat dalam buah-buahan dapat membuat anda merasa mudah kenyang. Saat perut terasa kenyang maka secara otomatis makanan yang anda makan pun akan sedikit berkurang, begitu juga keinginan anda untuk ngemil.
  2. Sup lebih Bagus.
    Bila Anda memilih sup sebagai menu makan siang, maka Anda akan mendapatkan kalori yang lebih sedikit daripada mereka yang mengkonsumsi makanan lain dengan kandungan yang sama seperti sup. Hal ini menjadi penting karena bila Anda yang sedang melakukan diet, Anda harus memperhatikan asupan kalori karena kalori di dalam tubuh yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak.
  3. Makan Dengan Pelan-Pelan
    Pada sebuah hasil studi menjelaskan bahwa orang Amerika cenderung lebih banyak yang mengalami obesitas daripada orang Perancis dikarenakan pola makan orang Amerika yang cenderung terburu-buru sedangkan orang Perancis lebih menikmati setiap gigitan mereka dan oleh karenanya perut mereka akan terasa lebih kenyang pada saat mengunyah makanan dengan perlahan-lahan.
  4. Tambahkan Protein
    Tubuh memerlukan protein untuk meningkatkan metabolisme dan menekan selera makan. Jenis makanan yang banyak mengandung protein adalah: Ikan, daging tanpa lemak,  ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan. Makanan jenis ini sangat bagus dan penting untuk dimasukkan ke dalam daftar menu makan siang yang sehat.
  5. Nikmati Makan Siang Anda Seorang Diri.
    Studi yang dilakukan Georgia State University menyatakan bahwa seseorang akan mengkonsumsi 28% makanan lebih banyak bila ia menghabiskan makan siangnya bersama 1 orang teman, 41% lebih banyak bila makan bersama dua orang teman dan 76% lebih banyak bila bersama enam orang atau lebih. Itulah mengapa  ada baiknya bagi Anda untuk menikmati makan siang anda seorang diri.

Atau, Anda dapat melakukan sedikit trik yaitu mengunyah makanan perlahan lahan lalu minum sedikit air, kemudian kembali mengunyah makanan yang baru, hal ini bisa Anda lakukan sebagai awal mula mencoba mengunyah makanan secara perlahan-lahan.

Trik lainnya adalah dengan mempersiapkan buah-buahan yang telah dipotong-potong di dalam sebuah wadah kecil yang dapat di bawa saat ke kantor. Hal ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk bisa menjaga makan siang Anda tetap sehat  selama Anda tidak ada di rumah.

Nah, itulah beberapa tips tentang menu makan siang untuk diet yang sehat dan ampuh untuk turunkan berat badan yang bisa dengan mudah Anda coba. Untuk melakukan diet sehat , disarankan untuk lebih memfokuskan diri Anda untuk mengkonsumsi buah dan sayur, karena  kedua makanan inilah yang  bisa memberikan hasil terhadap program diet anda jika dikonsumsi secara teratur disamping juga berolah raga yang cukup. Hindari penggunaan obat-obat yang mungkin bisa memberikan hasil diet yang instant, karena bagaimana pun diet alami  dan sehat adalah cara diet yang paling sehat dan aman. Nah, selamat mencoba dan semoga program diet anda membuahkan hasil!

Share MeShare on Facebook68Share on Google+5Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn2