Daftar Menu Diet Rendah Kalori


Mengatur jumlah asupan kalori adalah inti dari program diet. Oleh sebab itu itu tidak semua makanan dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet. Beberapa makanan mengandung kalori tinggi, sementara yang lain megandung serat tinggi dan rendah kalori. Jenis menu diet rendah kalori terakhir inilah yang merupakan makanan ideal bagi mereka yang menjalankan program diet.

Salah satu alternatif diet yang bisa dicoba bagi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan adalah diet rendah kalori, yaitu dengan hanya mengonsumsi 1.500 kalori sehari, atau sekitar 3/4 dari konsumsi normal (rata-rata). Para penganut diet 1.500 kalori mengatakan bahwa berat badan seseorang akan turun 5 kg per bulan bila menjalankan diet rendah kalori ini. Jumlah yang masuk akal bagi kesehatan dan untuk penurunan berat badan tanpa menderita komplikasi kesehatan.

Selama Anda mematuhi aturan nutrisi dalam program diet ini, maka diet 1500 kalori dapat dilakukan dengan aman. Akan tetapi, jika Anda menderita kondisi medis tertentu yang mempengaruhi metabolisme, sistem pencernaan dan kadar gula darah, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengubah pola makan Anda.

Makanan apa sajakah yang merupakan makanan rendah kalori? Berikut ini adalah jenis makanan rendah kalori:

  1. Apel
    Apel merupakan salah satu menu diet rendah kalori
    Buah ini merupakan buah yang sangat populer untuk diet. Mengandung sekitar 65 kalori. Selain itu, buah apel juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan jantung, terutama viatmin C, K dan potassium.
  2. Brokoli
    brokoli
    Sayuran ini dikenal sebagai salah satu makanan super, karena tidak hanya kandungan kalori nya yang rendah, yaitu 10 kalori per ons, tetapi juga memiliki kandungan gizi dan antioksidan yang mampu mencegah peradangan dan kanker. Agar dapat memperoleh manfaat maksimal dari brokoli, memasaknya harus dengan cara dikukus atau direbus.

  3. Wortel
    wortel

    Sayuran berwarna merah oranye ini memiliki kandugan kalori sebesar 50 kalori setiap 4 ons. Wortel memberikan manfaat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Agar mendapat manfaat maksimal dari wortel maka cara mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, seperti misalnya sebagai salad atau jus.

  4. Bayam
    Kandungan kalori pada bayam sangat rendah, hanya 7 kalori per ons. Dengan kandungan zat gizi yang terdapat didalamnya, bayam menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang menjalankan diet menurunkan berat badan. Cara terbaik untuk memasak bayam adalah sama seperti brokoli, yaitu dengan cara dikukus atau direbus.

  5. Stroberi
    Kandungan kalorinya termasuk sangat rendah, taitu 49 kalori per 5 ons. Stroberi sangat baik untuk diet karena bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme energi. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam stroberi akan memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan kemampuan memori dan mencegah penyakit kolesterol, kanker dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.

  6. Tomat
    Tomat juga memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu 27 kalori per 5 ons. Tomat mengandung nutrisi yang sangat lengkap, terutama untuk vitamin C, A,K dan kalium.

  7. Semangka
    Buah segar ini hanya mengandung 9 kalori per ons. Selain itu, buah semangka juga mengandung antioksidan lycopene yang mencegah penyakit jantung, stroke dan kanker.

Berikut ini adalah contoh menu diet rendah kalori dengan 1500 kalori:

  • Pagi
    2 lembar Roti gandum
    2 butir telur rebus dan 1 lembar (iris) keju rendah lemak
    1 susu rendah lemak
  • Selingan:
    1 porsi buah potong
    1 gelas susu/yogurt non fat
  • Siang
    100 gram (6 sdm) nasi merah
    1 mangkok Sayur
    1 potong ayam/daging/ikan
    1 potong tempe/tahu

Dengan meningkatkan konsumsi makanan seperti yang disarankan tersebut di atas, maka Anda akan mendapatkan manfaat ganda, yaitu menurunkan berat badan dan terhindar dari obesitas dan berbagai penyakit. Tubuh Anda akan menjadi lebih sehat.

Banyak iklan yang menawarkan berbagai produk diet.  Dan banyak pula masyarakat yang menjadi pelanggan setia produk tersebut. Namun tidak semua informasi dalam tabel kemasan dan iklan yang ditayangkan itu obyektif dan seimbang. Itu hanya sekedar strategi dagang, dan hanya untuk tujuan dan kepentingan komersial saja. Inti dari program diet tetap sama, yaitu mengatur pola makan dan makan makanan rendah kalori. Bila Anda menginginkan menu diet rendah kalori dan produk diet yang aman dan tanpa efek samping yang buruk bagi kesehatan yang mengandung protein, vitamin dan nutrisi lengkap dan aman untuk dikonsumsi harian, maka produk diet Herbalife adalah pilihan yang terbaik bagi Anda.

Share MeShare on Facebook80Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0