Diet Menurunkan Berat Badan


Dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu kegiatan dalam upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi. Artikel ini akan membahas mengenai diet dalam pengertian ini.

diet menurunkan berat badan

Pengetahuan Dasar Sebelum Berdiet

Pengertian

Diet adalah mengatur asupan nutrisi dan mengatur kegiatan makan makanan untuk mencapai tujuan kesehatan tertentu atau menjaga berat badan agar terkontrol. Tujuan diet bagi sebagian orang bisa berbeda-beda. Ada sebagian yang melakukan diet untuk tujuan kesehatannya karena ajuran dokter atau disebabkan karena menderita penyakit tertentu, sedangkan sebagian lainnya melakukan diet karena bermasalah dengan berat badannya.

Jenis diet
  1. Diet Menurunkan Berat Badan [1]
  2. Diet Menaikan Berat Badan [2]
  3. Diet Mempertahankan Berat Bdan [3]
  4. Diet Pantangan (pantangan terhadap makanan tertentu misalnya bagi penderita diabetes).Diet yang bertujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, memiliki cara yang berbeda dengan diet dalam menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan (obesitas) dan dengan diet untuk menaikkan berat badan bagi yang kurang atau belum mancapai berat ideal. Diet biasanya juga dilakukan oleh para atlit; mereka melakukan diet untuk menjaga berat badan (untuk pembentukan atau menjaga bentuk otot mereka).Didalam melakukan diet, diperlukan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia. Hal ini perlu karena dengan program diet yang tepat buat kita maka tujuan dari diet yang dilakukan akan tercapai.
    Lakukan diet sehat yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan membuat rasa lapar pergi. Banyak orang yang sedang melakukan diet merasa tertantang untuk menjaga penurunan berat badan mereka terjadi secara konsisten dan agar rasa lapar mereka tidak keluar kendali. Jika Anda menghadapi tantangan ini maka Anda harus melakukan dan menemukan ide-ide diet bagus yang dapat membantu penurunan berat badan secara alami dan sehat. [4] 

Penyebab Kelebihan Berat badan

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kelebihan berat badan seseorang. Ada 2 kelompok faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal

Faktor internal yang dimaksud adalah faktor yang tidak dapat dikendalikan secara sadar (faktor keturunan, regulasi termis dan metabolisme tubuh). Faktor inilah yang bertanggung jawab terhadap berat badan seseorang.

Metabolisme Lambat

Metabolisme adalah proses tubuh dalam mengkonversi makan dan minuman yang kita konsumsi menjadi energi. Metabolisme yang lambat memang dapat sebagai penyebab kegemukan, akan tetapi sangat jarang. Karena, penyebab utama kegemukan adalah pola makan yang salah dan kurang olahraga.
Sebelum membahas mengenai olahraga, anda harus memahami dengan baik istilah “metabolisme” dan mengapa metabolisme memiliki peran sangat penting dalam setiap program penurunan berat badan. Metabolisme adalah semua hal yang dilakukan tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Beberapa orang memiliki metabolisme yang lebih cepat daripada yang lain.
Beberapa hal yang mempengaruhi tingkat kecepatan metabolisme merupakan hal yang tidak dapat dikontrol, seperti usia, jenis kelamin, dan gen oleh karena itu fokuslah pada apa yang benar-benar dapat membuat perbedaan: olah raga.
Setelah memahami metabolisme, terdapat 2 kata kunci lagi yang sangat penting untuk anda pahami yaitu “sel otot” dan “sel lemak”. Sel-sel otot membutuhkan banyak energi, ini berarti mereka membakar banyak kalori. Sel otot membakar lebih banyak kalori daripada sel lemak, bahkan ketika Anda sedang tidak berolahraga. Jadi waktu yang Anda habiskan untuk berolahraga menuai manfaat lebih lama bahkan setelah Anda berhenti berkeringat.
Olah raga menjadi lebih penting saat Anda bertambah tua. Massa otot akan berkurang seiring bertambahnya usia, yang mengakibatkan metabolisme semakin lambat (menurun). Berolah raga akan membentuk sel otot sehingga dapat mencegah turunnya metabolisme tubuh. Ada bebarapa tips untuk menambah masa sel otot agar metabolism meningkat [23]

 Gen / Keturunan

Faktor gen / keturunan memang dapat menyebabkan terjadinya kegemukan. Dari hasil penelitian gizi di Amerika Serikat, disebutkan bahwa anak-anak dari orang tua normal memiliki peluang 10% menjadi gemuk. Dan peluang itu akan bertambah besar menjadi 40-50% bila salah satu orang tua menderita obesitas, dan akan meningkat menjadi 70-80% jika kedua orang tua menderita obesitas.   Masalah obesitas, masih bisa ditanggulangi meski memiliki faktor keturunan. Cara penanggulangannya adalah dengan merubah perilaku sehari-hari. Soal asupan makanan harus diperhitungkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Faktor eksternal

Dua faktor eksternal yang sangat dominan berpengaruh pada berat badan seseorang adalah :

Kurangnya aktivitas fisik

Kurangnya aktifitas fisik (tidak seimbang dengan asupan makanan) dapat menyebabkan berat badan berlebih. Seseorang dapat dengan mudah mengurangi berat badannya tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan pembakar lemak dan semacamnya dengan cara meningkatkan aktivitas fisik.
Untuk mereka yang kurang melakukan aktivitas fisik dan jarang berolahraga, Anda perlu meningkatkan metabolisme Anda. Meningkatkan metabolisme berarti meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar kalori. Dengan cara ini, kalori akan terbakar sebelum mereka disimpan. Inilah sebabnya mengapa orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan harus fokus pada makan makanan yang mampu meningkatkan metabolism [4]

Makan berlebihan

Kebiasaan makan yang berlebih, cara memilih makanan yang salah, kebiasaan ngemil, melupakan makan pagi, dan frekwensi makan yang tidak teratur adalah salah satu penyebab utama kelebihan berat badan.

Resiko Akibat Kelebihan Berat Badan

Obesitas bukan hanya tidak enak dipandang mata tetapi merupakan dilema kesehatan yang mengerikan. Resiko dari kelebihan berat badan:

Resiko Kesehatan Fisik:
  • Diabetes tipe 2 (timbul pada masa dewasa)
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Stroke
  • Serangan jantung (infark miokardium).
  • Gagal jantung
  • Kanker (jenis kanker tertentu, misalnya kanker prostat dan kanker usus besar)
  • Masalah batu kandung empedu dan batu kandung kemih
  • Gout dan artiritis
  • Osteoartritis
Masalah Psikis

Obesitas dapat juga mempengaruhi faktor psikis (kejiwaan) yaitu membuat penderitanya sering merasa kurang percaya diri. Apalagi bila berada pada masa remaja, maka bisa saja kemudian menjadi pasif dan depresi akibat seringkali tidak dilibatkan pada kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman sebayanya. Gangguan kejiwaan ini bisa juga menjadi penyebab terjadinya obesitas, yaitu dengan melampiaskan stres yang dialaminya ke makanan.
Cara mengurangi nafsu makan dengan cepat merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh mereka (pria dan wanita, termasuk wanita hamil dan ibu menyusui, juga anak – anak) yang sedang melakukan diet dan mereka yang ingin menurunkan berat badan adalah tidak dapat berhenti makan padahal mereka tahu bahwa perut mereka sudah cukup terisi (kenyang). Cobalah beberapa tips dan cara sehat, efektif, alami serta tanpa obat untuk mengurangi nafsu makan secara praktis dan tentang bagaimana berhenti makan sebelum Anda makan berlebihan [5]

Cara Menurunkan Berat Badan

Faktor Internal
Meningkatkan Metabolisme

Dengan meningkatkan metabolisme tubuh berarti meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh kita. Bila metabolisme tubuh baik, maka tubuh akan memiliki energi, lebih fit, dan berat badan terkontrol.

Faktor Eksternal.
Olahraga

Olahraga sangat membantu dan mempermudah orang yang ingin menurunkan berat  badan. Dengan berolahraga timbunan lemak bisa cepat terbakar. Sebuah riset dari Universitas Copenhagen menyimpulkan, lamanya waktu ber olahraga paling tepat dilakukan adalah selama 30 menit per hari. Jika berolahraga sampai dua kali lebih lama, menurut penelitian, hasilnya sama.
Para peneliti menyatakan, bahwa bila seseorang berkeringat selama 30 menit per hari sudah cukup membantu penurunan berat badan. Sedangkan, mereka yang berlari, mendayung atau bersepeda selama 30 menit mengalami penurunan berat badan empat kilogram selama tiga bulan. Bahkan mereka yang berolahraga rutin satu jam dua kali seminggu akan dapat berhasil turun tiga kilogram selama tiga bulan [6]

Yoga

Yoga merupakan latihan fisik yang baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani, dengan melakukan yoga pikiran menjadi rileks. Yoga juga dapat memperkuat tubuh, system imun, otot, melenturkan tubuh dan menurunkan berat badan (diet).
Menurunkan berat badan dengan yoga merupakan cara yang lebih cepat dibanding aerobik karena didalamnya terdapat gerakan-gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Meski kalori yang terbakar dari melakukan yoga dibandingkan dengan lari atau aerobik tidaklah sama, namun senam yang berpusat pada pikiran dan pengolahan jiwa ini dapat mampu membantu Anda menjaga bentuk dan berat badan secara ideal melalui latihan konsentrasi. Mengapa bisa demikian? Sebab bila Anda rutin berlatih yoga, maka secara otomatis pula mereka akan memberbaiki pola makan Anda. Selain itu, yoga juga dapat membantu menurunkan tingkat gangguan psikologis seperti stress, depresi atau kejenuhan pada seseorang. Cobalah gerakan yoga untuk menurunkan berat badan yang juga bermanfaat bagi kesehatan dan dapat dengan mudah dipraktekan di rumah [7]

Makanan dan Minuman

Menurunkan berat badan bagi banyak orang bisa menjadi proses panjang yang menakutkan terutama mereka yang kurang sabar dan disiplin. Padahal, itulah cara efektif untuk menurunkan berat badan; diperlukan ketekunan, disiplin dan pengorbanan. Tapi ada salah satu cara yang bisa membantu mempercepat penurunan berat badan yaitu dengan memakan makanan dan meminum minuman penurun berat badan.
Salah satu alternatif diet yang bisa dicoba bagi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan adalah diet rendah kalori , yaitu dengan hanya mengkonsumsi 1.500 kalori sehari, atau sekitar 3/4 dari konsumsi normal (rata-rata) [8]. Para penganut diet 1.500 kalori mengatakan bahwa berat badan seseorang akan turun 5 kg per bulan bila menjalankan diet rendah kalori ini. Jumlah yang masuk akal bagi kesehatan dan untuk penurunan berat badan tanpa menderita komplikasi kesehatan.
Menurut hasil penelitan yang baru saja di publikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, diet tinggi protein ternyata berhasil untuk menurunkan berat badan; tetapi bukan karena asupan karbohidrat yang rendah, akan tetapi disebabkan karena meningkatnya jumlah protein [9]
Jika selama ini kita hanya membahas sayur saja yang digunakan untuk diet, kali ini kita akan membahas tentang buah yang cocok untuk diet baik bagi wanita, pria bahkan untuk ibu hamil dan jenis buah-buahan berserat tinggi yang mampu menurunkan berat badan secara alami, seperti misalnya: buah semangka, pisang, nanas, apel, dsb [10].
Salah satu cara untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal adalah dengan mengikuti resep jus buah untuk diet yang akan saya bahas dibawah. Metode ini tentunya jauh lebih mudah, serta aman dan menyenangkan karena diet ini memanjakan Anda dengan menikmati segelas jus buah ataupun sayur yang rasanya enak.
Buah-buahan yang dipakai sebagai bahan dasar membuat jus tidak mengandung lemak, tetapi justru kaya akan vitamin, mineral serta enzim yang sangat bermanfaat sangat baik bagi tubuh; itulah mengapa jus buah merupakan diet yang aman bagi kesehatan. Kandungan dalam buah-buahan yang Anda buat sebagai bahan dasar jus dapat mengurangi berat badan secara alami, sehat, dan aman. Cobalah beberapa resep jus buah untuk diet sehat [11]

Suplemen

Anda bisa menurunkan berat badan tanpa perlu kelaparan atau mengurangi secara drastis pilihan makanan Anda. Anda tetap bisa makan dalam porsi normal atau olahraga dengan wajar dan tetap bisa membuang lemak tanpa perlu menyiksa diri.
Caranya adalah dengan melakukan kombinasi makanan yang tepat — makanan yang akan membuat tubuh Anda mengubah mode penyimpanan lemak menjadi mode pembakaran lemak. Vitamin dan nutrisi tertentu dapat memberi sinyal pada sel di seluruh tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Tanpa nutrisi penting tersebut maka yang akan terjadi adalah hal sebaliknya. Tubuh akan menyimpan lemak. Metabolisme melambat dan upaya penurunan berat badan Anda akan menjadi sia-sia. Nah, vitamin dan nutrisi tertentu tersebut bisa Anda dapatkan melalui makanan tambahan yang berupa obat (herbal) yang disebut suplemen. Herbalife adalah salah satu produk suplemen diet dan kesehatan yang terkenal aman bagi kesehatan tubuh Anda [12]

Diet Golongan Darah

Jaman sekarang ini banyak orang yang berusaha keras untuk menjaga atau mendapatkan berat badan yang ideal. Orang-orang dengan berat badan berlebih tentu akan berusaha menurunkan berat badan mereka dengan berbagai cara. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah melalui diet golongan darah.
Diet menurut golongan darah didasarkan pada kemampuan orang dengan golongan darah tertentu dalam menjalani satu jenis diet dan lainnya. Hal inilah yang dapat menjelaskan mengapa terjadi reaksi berbeda dari dua orang yang memakan makanan yang sama. Satu orang mungkin menyukai makanan tersebut dan merasa baik-baik saja setelah memakannya, sementara yang lain menderita sakit perut, mules, atau mungkin jantung berdegup.

Berikut ini adalah panduan untuk memilih diet tepat menurut golongan darah:

  • Diet sehat untuk golongan darah A [13]
  • Diet sehat untuk golongan darah AB [14]
  • Diet sehat untuk golangan darah B [15]
  • Diet sehat untuk golongan darah O [16]
Faktor Psikis
Mindset Motivasi Diet

Menjalani diet perlu mengubah pola pikir (mindset) dan memotivasi diri, yaitu dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa diet bukan menyiksa diri namun tentang menjalani pola hidup sehat.
Diet adalah tantangan untuk mengalahkan diri sendiri, menjaga komitmen, dan meyakini bahwa tujuan (yang menjadi impian) bisa diwujudkan.

Pembimbing Program Diet

Capailah sasaran program diet Anda bersama Pembimbing pribadi yang berkomitmen pada kesehatan dan keberhasilan Anda. Pembimbing ini akan membantu Anda dalam mengambil pilihan atas produk terbaik, memberikan solusi dan dukungan berkelanjutan selama perjalanan anda menuju pencapaian kesehatan dan berat badan yang ideal.

Jam Makan Untuk Diet

Semua orang yang langsing menjaga berat badannya dengan menyantap makanan yang tepat dan mengindari makanan yang bikin gemuk. Namun, banyak penelitian yang menunjukkan, kunci sukses untuk langsing terletak pada waktu makan.
Waktu terbaik untuk sarapan adalah di atas pukul 07.00 pagi dan waktu idealnya pukul 07.11. [17].Waktu terbaik untuk makan siang adalah antara pukul 12.30 hingga pukul 13.00, dengan waktu idealnya adalah tepat pukul 12.38 [18]. Waktu terbaik untuk makan malam antara pukul 18.00 hingga 18.30, dengan waktu terbaik pukul 18.14 [19].

Diet Untuk Kebutuhan Khusus

Hamil, Pasca Melahirkan dan Menyusui

Salah satu masalah yang sering dialami oleh perempuan pasca melahirkan adalah bobotnya yang naik saat hamil sehingga rasa percaya diri menjadi menurun. Sebagian dari mereka tak sabar ingin segera berdiet sambil menyusui. Sebaiknya mereka melakukan diet yang aman dilakukan terhadap kesehatan sang bayi dan ibu itu sendiri. Program diet untuk Ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya menggunakan Produk yang mengandung nutrisi serta kandungan vitamin yang lengkap dan seimbang tetapi rendah kalori   [20]
Asupan kalori pada ibu hamil dan menyusui sebaiknya rendah karena biasanya ibu-ibu selama masa kehamilan / selama masa menyusui akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak. Namun sayangnya banyak produk pelangsing yang beredar di pasaran tidak diperuntukkan bagi ibu-ibu menyusui karena dikhawatirkan efek sampingnya akan berpengaruh terhadap produksi ASI dan bayi yang disusui [21]
Akan tetapi ibu-ibu tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang ada produk Diet sehat dari herbalife yang aman dan sehat utk ibu menyusui atau pasca melahirkan.

Usia Lanjut

Pengaturan diet pada usia lanjut bertujuan agar yang bersangkutan tetap dapat berproduktivitas tinggi. Dalam menentukan diet bagi usia lanjut harus mempertimbangkan kondisi kesehatan lansia, penurunan kemampuan dalam mencerna dan perubahan selera makan. Oleh sebab itu makanan bagi orang usia lanjut wajib memperhatikan kecukupan gizinya, tekstur makanan sehingga mereka tidak mengalami kesulitan dalam mencerna makanan dan tentu terhindar dari masalah gizi salah.

Anak Obesitas

Diet ketat serta obat pelangsing bukanlah solusi terbaik bagi anak yang mengalami obesitas. Anak yang kegemukan harus tetap makan tiga kali sehari ditambah camilan di antara waktu makan. Hal ini disebabkan karena anak-anak memerlukan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Apabila anak dipaksa diet ketat, kesehatan dan pertumbuhan anak bisa saja terganggu.

Diabetes 

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkannya tidak mencukupi atau tidak bekerja dengan baik. Kondisi seperti ini akan menyebabkan gula darah meningkat.

Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

  • Diabetes tipe 1
    Keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin untuk mengatur gula darahnya. Penderitanya sebagian besar adalah anak-anak & remaja.

  • Diabetes tipe 2
    Kondisi dimana tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Diabetes tipe 2 merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), dan sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga. Banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah menderita dibetes tipe-2, walaupun keadaannya sudah menjadi sangat serius. Diabetes type 2  sudah banyak terjadi di dunia maupun di Indonesia, dan angkanya terus bertambah akibat gaya hidup yang tidak sehat, kegemukan dan malas untuk berolahraga.

Kolesterol

Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Akan tetapi bila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka dapat menyebabkan penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda memiliki resiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.
Tubuh bisa membentuk kolestrol secara alami, selebihnya bisa di dapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Sedangkan makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol.
Kolestrol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolestrol dibedakan menjadi Low-Density Lipoprotein (LDL) atau lemak jahat dan High-Density Lipoprotein (HDL) atau lemak baik.

Hipertensi

Hipertensi atau tekananan darah tinggi adalah gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah yang menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal, yaitu melebihi 140 / 90 mmHg. Hipertensi dalam bahasa inggrisnya adalah Hypertension, yang berasal dari dua kata yaitu Hyper yang berarti tinggi, dan Tension yang berarti tegangan.
Saat melakukan pemeriksaan tekanan darah menghasilkan dua angka, yaitu angka yang lebih tinggi dan angka yang lebih rendah. Angka yang lebih tinggi adalah angka yang didapat saat jantung berkontraksi (sistolik), sedangkan angka yang lebih rendah didapatkan saat jantung berelaksasi (diastolik). Tekanan darah yang kurang dari 120 / 80 mmHg dapat diartikan sebagai tekanan darah normal. Sedangkan tekanan darah tinggi umumnya terjadi karena kenaikan tekanan sistolik dan diastolik. Hipertensi biasanya terjadi saat tekanan darah mencapai 140 / 90 mmHG atau lebih, pengukuran tekanan darah ini dilakukan pada lengan tiga kali dalam jangka beberapa minggu.

Penyakit jantung

Penyakit jantung atau serangan jantung bagi orang awam seringaklai dianggap sebagai gangguan kesehatan yang sama. Di dalam dunia medis, kedua masalah tersebut adalah berbeda. Penyakit jantung adalah kodisi ketidak mampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, serangan jantung adalah penyumbatan atau penyusutan pembuluh darah ke jantung, yang mengedarkan darah dengan mengangkut sari makanan dan oksigen. Serangan jantung sangat berbahaya, karena serangan jantung selalu berakhir pada kematian.
Oleh sebab itu, penyakit jantung jangan dianggap ringan. Di Amerika Serikat, penyakit jantung adalah pembunuh No. 1 bagi penderita, baik laki-laki maupun perempuan. Mencapai lebih dari 40% dari semua kematian di AS terjadi karena penyakit jantung. Itu lebih besar dari penyakit kanker, meski digabungkan.

Kanker

Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem limfe.
Kanker bukan hanya satu penyakit tapi banyak penyakit. Ada lebih dari 100 berbagai jenis kanker. Sebagian besar kanker diberi nama untuk organ atau jenis sel di mana mereka mulai – misalnya, kanker yang dimulai di usus besar disebut kanker usus besar; kanker yang berawal di sel-sel basal kulit disebut karsinoma sel basal.

Penyebab Diet Gagal

Keinginan memperoleh tubuh langsing yang menggebu-gebu biasanya terjadi di awal diet. Namun, saat lemak tidak juga berkurang sesuai harapan, rasa frustasi justru berakibat sebaliknya. Sebagian besar pelaku diet pun mengalami efek yo-yo, bahkan lebih gemuk dari sebelumnya. Diet gagal bisa dikarenakan cara diet yang salah atau bisa juga dikarenakan menjalankan diet setengah hati.
Rasa lapar adalah satu sebab yang membuat orang menyerah untuk disiplin dalam diet. Namun kini bagi mereka yang ingin melakukan program diet cepat kurus, mereka tidak perlu khawatir lagi karena telah ada produk dari Herbalife yang dapat membantu mengontrol rasa lapar. Salah satu produk Herbalife yang diperuntukkan bagi program diet adalah Personal Protein Powder.
Selain mengonsumsi makanan yang rendah kalori, kaya karbohidrat dan nutrisi, beberapa suplemen makanan juga bisa membantu mereka yang ingin melakukan diet untuk cepat kurus dan meningkatkan kekebalan tubuh mereka, salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen makanan herbal seperti Herbalife Personal Protein Powder. Produk ini hadir dalam bentuk serbuk suplemen protein yang tidak mengandung lemak dan dapat menghindarkan dari rasa lapar karena efek kenyang lebih lama yang dihasilkannya sehingga mampu menjadikan program diet cepat kurus Anda berhasil [22]

Share MeShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0