Diet Penderita Diabetes


Sudah Diet Tapi Masih GAGAL?
Konsultasikan Masalah Anda ke :
SMS/WA/Telp :
0813-3340-4676 / PIN 535D7684

Penderita diabetes harus mau bekerja keras untuk menstabilkan gula darah mereka, karena kandungan gula darah yang terlalu tinggi bisa menjadi pemicu serangan penyakit diabetes. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengkontrol gula darah, misalnya dengan melakukan gaya hidup sehat, melakukan aktifitas fisik yang giat atau berolahraga teratur, konsumsi obat penurun kandungan gula darah, melakukan suntik insulin, serta mengkontrol asupan makanan.
Penderita diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mereka bila ingin melakukan program diet. Dokter dapat menghitungkan kandungan kalori yang harus dikonsumsi, menentukan makanan mana yang diperbolehkan untuk di konsumsi dan mana yang perlu dijauhi. Pada prinsipnya penderita diabetes tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang dapat membuat kandungan glukosa darah melonjak; konsumsilah makanan yang dapat bikin perut merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk melakukan diet yang pas untuk penderita diabetes:

1) Perhatikan asupan karbohidrat

Makanan yang dikonsumsi penderita diabetes harus mengandung serat tinggi serta karbohidrat kompleks. Makanan karbohidrat yang baik untuk penderita kencing manis adalah yang kandungan glukosanya rendah, seperti misalnya sereal yang memiliki serat, ubi, ketela serta beras merah. Makanan ini sangatlah mendukung program diet bagi penderita diabetes.

2) Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran

Pada penderita diabetes sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi berbagai sayuran, seperti belimbing wuluh, kapri, paprika, brokoli, kol, buncis,kacang panjang, serta bayam. Sedang jenis buah yang baik untuk dikonsumsi yaitu buah belimbing, pir, buah naga, persik, apel, serta jambu biji. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara di buat minuman jus, dan sangatlah dianjurkan untuk tidak memberikan tambahan gula, karena dapat memicu kandungan gula darah jadi terlalu berlebih.

3) Mengkonsumsi Makanan Kaya Kandungan Protein

Makanan berprotein tinggi seperti tempe, tahu, susu, telur, keju, ikan, serta daging diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang sedang dalam program diet. Yang harus di perhatikan yaitu langkah pemrosesan yang pas. Jangan sempat memasukkan bahan lain yang hanya akan meningkatkan tingkatkan kandungan kolesterol jahat serta gula darah.

4) Hindari makanan tinggi kandungan gula serta lemak

Bila mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula serta lemak jahat yang berlebihan, maka berarti juga Anda menambah kandungan zat jelek di pada tubuh Anda. Lemak jahat dan gula adalah demikian yang bisa menjadi sumber pemicu kegemukan. Anda mesti memotong mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat itu. Pantangan paling utama untuk pendirita diabetes adalah makanan yang terlampau manis, karena jenis makanan ini dapat dengan gampang menambah kandungan gula darah Anda yang tentunya akan memperburuk keadaan kesehatan Anda.

Dengan mematuhi semua aturan dan pantangan diatas, diharapkan kandungan gula darah Anda menjadi stabil, dengan demikian penyembuhannya lebih menjadi mudah.

Share MeShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0